UTS – E-Commerce

 UTS
E-COMMERCE

Oleh :
Siti Sarahadi
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS AZZAHRA
2013

1.    Menurut Saya, E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk/jasa secara elektronik/online untuk memenuhi keinginan konsumen dengan tujuan kecepatan,  kepraktisan dan memangkas biaya layanan pembelian suatu barang/jasa tanpa mengurangi kualitas barang/jasa, dimana semua layanan dan transaksi pembayaran dengan menggunakan internet dan sarana online lainnya sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce juga sebagai sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan dan juga tempat berkumpulnya suatu komunitas untuk belajar, bertukar informasi, melakukan transaksi dan berkolaborasi.

2.    Kategori E-Commerce
a.    Web Portal
Web Portal adalah  halaman web, yang menyajikan informasi dari berbagai sumber, yang memiliki fitur standar berupa mesin pencari informasi, selain itu bisa juga terdapat layanan e-mail, berita, hiburan, dan lain-lain. Contoh : Yahoo!, iGoogle, AOL, dan MSN

b.    News Website (Website Berita)
Website berita adalah website yang memuat konten berita dan informasi terkini dari bermacam kategori peristiwa.
Contoh : http://www.detik.comhttp://www.okezone.comhttp://www.kompas.com

c.    Informational Website
Website Informasi adalah situs informasi yang digunakan untuk menampilkan karya seorang profesional, dan menjelaskan layanan mereka sementara transaksi bisnis yang sebenarnya atau jasa yang mereka lakukan terjadi offline.
Contoh : http://www.flu.govhttp://www.situshijau.com

d.    Business/Marketing Website
Merupakan website untuk memberikan informasi dan promosi kepada pelanggan tentang produk / jasa melalui sebuah portal online
Contoh : http://www.honda-indonesia.comhttp://www.indomie.com

e.    Educational Website
Merupakan Website yang menawarkan jasa pengajaran formal maupun informal. Beberapa perusahaan menawarkan beberapa training online dan beberapa universitas juga menawarkan jasa kelas online.
Contoh : http://www.education.gov.ukhttp://www.pendidikan.net

f.    Entertainment Website
Menawarkan hal-hal yang menarik seperti hobi, musik, olah raga, permaianan dan lain-lain. Contoh : http://www.didigames.orghttp://www.games.co.id

g.    Blog
Web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Contoh : http://www.sitisarahadi.wordpress.comhttp://www.beesarah.blogspot.comhttp://www.whitekingdoms.blogspot.com

h.    Wiki
i.    Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.
Contoh :  http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama
http://wiki.ubuntu-id.org/

j.    Personal Website
Halaman web yang dikelola oleh individu swasta Contoh : http://www.sandiaga-uno.com

k.    Networking
Website yang menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain. Contoh : http://www.facebook.comhttp://www.twitter.com

l.    Forum.
Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.

m.    Multimedia.
Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.

n.    E-Commerce.
Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan. Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.

3.    Infrastruktur Penunjang Bisnis E-Commerce
a.    Infrastruktur jasa bisnis umum terdiri dari keamanan kartu cerdas (otentikasi), pembayaran elektronik, direktori / katalog.
Untuk mempermudah dalam transaksi, pembayaran elektronik sangat diharapkan oleh konsumen. Security/keamanan dan jaminan keaslian barang/jasa juga harus diperhatikan. Katalog dan direktori online juga diperlukan untuk menarik konsumen. Buatlah katalog semenarik mungkin.
b.    Infrastruktur distribusi informasi dan pesan meliputi EDI (electronic data interchange), e-mail, hypertext transfer protocol.
Promosi by email juga sangat diperlukan, internet sangat dibutuhkan.
c.    Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia mencakup HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, ASP dan sebagainya.
Jika publikasi mengandung hal diatas akan sangat lebih baik, karena lebih canggih dan lebih menarik.
d.    Infrastruktur Jaringan terdiri dari telekom, TV kabel, wireless, internet (VAN, WAN, LAN, Intranet, ekstranet).
Infrastruktur diatas adalah yang sangat penting. Jika tidak ada infrastruktur jaringan, e-commerce akan terhambat.
e.    Infrastruktur Non-teknis e-Commerce : SDM, Peraturan/perundangan publik, pemasaran dan periklanan, layanan-layanan pendukung dan kemitraan usaha.
SDM untuk mengelola suatu e-commerce menjadi lebih diminati konsumen.
4.    Struktur Model Bisnis

a.    Revenue model: deskripsi bagaimana perusahaan atau proyek EC dapat menghasilkan revenue, misal: Penjualan, Komisi transaksi, Iuran anggota atau biaya pendaftaran, Iklan, Royalty, Sumber revenue lain.
Sangat diperlukan model bisnis karena untuk memberikan pandangan yang menyeluruh akan proses bisnis yang kita rencanakan, atau bahkan menjelaskan bisnis yang sedang berjalan. Membantu juga dalam menganalisa masalah dan mencari solusinya.
b.    Value proposition: Keuntungan yang diperoleh dari usaha EC, misal: Efisiensi pencarian produk dan transaksi bagi pembeli, Ketergantungan Pelanggan (lock-in), Citra perusahaan, Agregasi informasi, Kolaborasi dengan perusahaan lain
Value proposition : nilai apa yang akan ditawarkan perusahaan kepada pelanggan dan partner bisnisnya.

5.    Viral Marketing adalah strategi, proses penyebaran dan promosi dalam penjualan barang/jasa melalui pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.
Contoh : situs web email gratis seperti Yahoo! , Hotmail dan google mail yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut
Contoh lainnya adalah penyebaran informasi / pemasaran viral melalui penyebaran e-book gratis, akan tetapi menyelipkan beberapa link bisnis di dalamnya.

6.    Kerangka E- Commerce

                      
PILAR-PILAR E-COMMERCE
1.    Pilar orang terdiri dari pembeli, penjual, perantara, jasa, orang sistem informasi dan manajemen.  
Menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas e-commerce demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Yaitu profit yang tinggi.
2.    Pilar kebijakan publik meliputi pajak, hukum dan isu privasi, bebas bicara dan nama domain.
SDM menaati kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat di mana dalam penyusunannya melalui berbagai tahapan. Untuk menghindari penipuan.
3.    Pilar standar teknis mencakup dokumen, keamanan dan protikol jaringan dan sistem pembayaran.
Sistem pembayaran yang baik, jelas dan mendetail akan mengurangi resiko penipuan
4.    Pilar organisasi adalah patner, pesaing, asosiasi dan pelayanan pemerintah.
Kerjasama yang baik sesama partner bisnis menentukan keberhasilan dalam menjalankan e-commerce. Jangan terlalu memusingkan pesaing, fokus pada usaha dan hadapi pesaing dengan cara yang sehat. Menaati peraturan pemerintah juga mengurangi resiko mendapatkan masalah.

Prediksi Nilai : 90/100

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s